TUTORIAL

Cara Cek Akreditasi Kampus tanpa Harus Datang ke Lokasi

Cara-Cek-Akreditasi-Kampus

Ikuti cara cek akreditasi kampus secara online untuk membantu calon mahasiswa menemukan tempat menuntut ilmu serta program studi yang terpercaya.

Salah satu ciri kampus terbaik yang berkualitas adalah memiliki akreditasi unggul, karena sudah pasti terakreditasi A. Cara cek akreditasi kampus jaman sekarang cukup mudah karena tidak harus datang langsung, cukup melalui online saja sudah langsung ketahuan.

Informasi yang dibagikan di internet sangat membantu masyarakat yang tinggalnya sangat jauh dari kampus tujuan. Sehingga dapat dengan mudah memilih sekolah terbaik agar dapat menempa diri dan terus berkembang dengan semestinya.

Mengenal Sekilas Tentang Akreditasi

Kebanyakan orang ingin menyekolahkan anaknya di sebuah sekolah pastinya akan melihat status penilaian sekolah ini sebagai jaminan kualitas. Pengertian akreditasi sendiri adalah merupakan penilaian terhadap kelayakan prodi dan kampus.

Kata-kata ini sudah sangat akrab dalam dunia pendidikan karena menjadi acuan yang tak terbantahkan. Kampus dengan akreditasi A dan Unggul sudah pasti menjadi rebutan banyak pelajar SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Itulah sebabnya setiap sekolah tidak hanya kampus saja dari jenjang pendidikan usia dini sampai perhguruan tinggi senantiasa berlomba untuk mendapatkan akreditasi A. Segala berkas dan persiapan dikerjakan dengan sungguh-sungguh demi peringkat yang satu ini.

Biasanya menjelang akreditasi semua karyawan baik staff maupun pengajar akan sangat sibuk. Agar penilaian yang didapatkan oleh kampus dapat maksimal sesuai dengan harapan.

Cara Cek Akreditasi Kampus

Sebelum memasuki bangku perkuliahan, tidak ada salahnya memilih universitas terbaik sesuai dengan preferensi masing-masing. Cari tempat menuntut ilmu terbaik sesuai dengan bakat yang dimiliki yang kompeten dan dapat diandalkan.

Salah satu trik untuk mendapatkan tempat menuntut ilmu yang berkualitas adalah dengan cara cek akreditasi kampus berikut ini:

  • Siapkan alat-alat seperti PC, laptop ataupun HP untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Pastikan jaringan internet yang dimiliki lancar sehingga proses dapat berjalan sesuai harapan.
  • Lanjutkan langkah via alamat situs resminya di di banpt.or.id melalui browser pada perangkat.
  • Kemudian pilih menu data akreditasi yang tersedia dengan mengkliknya.
  • Setelah itu lanjutkan proses untukmemilih opsi institusi terkini.
  • Isikan kampus yang menjadi target untuk diintip status dan akreditasinya tersebut.
  • Selain itu juga dapat melihat berdasarkan peringkat khusus, apakah unggul atau hanya A saja.

Tunggu selama beberapa saat, maka situs akan menampilkan informasi yang dibutuhkan. Kecepatan informasi ini tergantung pada jaringan internet yang digunakan.

Cara Cek Akreditasi Prodi

Sekilas cara cek akreditasi prodi ini sendiri hampir sama dengan cara cek akreditasi kampus. Langkah-langkahnya sama hanya pada pemilihan menunya saja yang berbeda. Apabila masih merasa penasaran dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Siapkan alat-alat seperti PC, laptop ataupun HP untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Pastikan jaringan internet yang dimiliki lancar sehingga proses dapat berjalan dengan baik.
  • Lanjutkan mengunjungi situs yang beralamat di banpt.or.id melalui browser yang biasa digunakan.
  • Setelah tampilan situs web terbuka pilih menu ‘Data Akreditasi’ untuk melanjutkan proses.
  • Kemudian klik pada pilihan ‘Program Studi (terkini)’ yang terdapat pada menu tersebut.
  • Setelah itu isikan kampus dan program studi atau peringkat yang ingin diketahui.
  • Tunggu selama beberapa saat, maka situs akan menampilkan informasi yang dibutuhkan. Kecepatan informasi ini tergantung pada jaringan internet yang digunakan.

Kesimpulan

Penting untuk dipahami bahwa masing-masing peringkat akreditasi akan senantiasa di update sebelum masa berlakunya berakhir. Oleh karena itu pastikan untuk melakukan cara cek akreditasi kampus dan prodi ini secara berkala.