NEWS UPDATE

Game Berbahaya untuk Anak, PUBG Salah Satunya

Game nampaknya sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi sebahagian orang. Namun, perlu diketahui bahwa ada game berbahaya untuk anak.

Mengakses game di era teknologi dseperti sekarang terbilang sanat mudah. Game-game online bisa mudah dimainkan di HP atau PC. Terdapat game-game popular yang untuk memainkannya hanya tinggal instal di Play Store.

Kemudahan dalam mengakses game itulah yang menyebabkan peminat game terus meningkat. Jika dulu game rata-rata hanya diminati anak-anak dan remaja, saat ini malah banyak orang dewasa yang menghabiskan waktu nongkrong untuk main Bersama (Mabar) game tertentu.
Namun pada pembahasan kali ini, kita akan focus membicarakan game-game yang berbahaya untuk diakses, khususnya ketika diakses anak di bawah umur.

Game Berbahaya untuk Anak di Bawah Umur

Terdapat beberapa game yang cukup bahaya untuk dimainkan. Biasanya bahaya yang ditimbulkan tidak tampak dalam waktu dekat, melainkan jangka panjang. Game-game berbahaya ini rata-rata mengadunung kekerasan, pembunuhan, pencurian dan aksi kriminialitas lainnya.

Jika game yang mengandung hal negative diatas dimainkan, khawatir akan menimbulkan inspirasi kepada anak untuk melakukan hal yang sama seperti pada game. Kira kira game game apa saja tidak layak anak yang yang bisa diakses melalui HP atau PC?

  • PUBG, FF dan Semacamnya

PUBG dan FREE FIRE merupakan game slot olympus tembak menembak. Penulis menganggap tidak ramah anak karena aksi tembak menembak merupakan salah satu bentuk kekerasan yang seharusnya tidak diajarkan kepada anak.

Karena anak di bawah umur pada umumnya masih membutuhkan banyak sarapan informasi dan memiliki keinginan besar untuk meniru perilaku orang lain. Tentu informasi dan data-data positif sangat dibutuhkan untuk mendukunga kemajuan pola pikirnya. Sebaliknya hal-hal negative seperti tayangan kekerasan justru akan menyuntikkan refrensi yang negatif pula.

Aksi tembak-menembak dan peperangan dalam PUBG cukup mengajarkan kepada anak aksi kekerasan dan pembunuhan. Bayangkan saja jika tayangan kekerasan berupa aksi tembak menembak justru menjadi hiburan anak di bawah umu. Hal itu akan memberikan pengaruh negative.

Free Fire juga tidak jauh berbeda dari PUBG. Game ini juga menayangkan adegan-adegan kekerasan. Permianan atau tayangan demikian sudah seharusnya diindari oleh anak

Mesti demikian tidak semua adegan dalam PUBG atau Free Fire memberikan dampak negative. Harus diakui, game tersebut juga memiliki sisi positif yang bisa diambil. Salah satunya isi game yang mengajarkan pemainnya perjuangan dan strategi perang.

  • GTA

GTA juga termasuk salah satu game yang tidak ramah anak. Game yang banyak dimainkan di playstation (PS) ini juga berisi sejumlah adegan kekerasan seperti pertarungan di jalan, pencurian dan lain sebagainya.

Kehidupan seperti di game GTA tentu jangan sampai ditiru. Sudah sepatutnya anak-anak diajari hal-haal yang lebih positif dan konstruktif. Game seperti GTA harus dijauhkan dari anak agar mereka tidak meniru sikap para pelaku pemain game tersebut.

  • God of War

Satu lagi game yang tidak ramah anak, yakni adalah God of War. Meskipun game ini memiliki banyak peminat, tidak dibungkiri bahwa cukup banyak adegan kekerasan di game ini. Bahkan tayangan-tayangan darah, luka, dan lain sebagainya kerap kali ditayangkan di game God Of War ini.

  • Game Balap Mobil atau Motor

Cukup banyak situs game yang permainan balapan. Namun apapun nama gamenya, jika berisi permainan balap sepeda motor ataupun mobil tetap tidak ramah anak. Karena game balapan dapat menginspirasi anak-anak untuk meniru sesuatu yang dilakukan di dalam game. Dan hal tersebut sangat membahayakan.

Penutup

Itulah beberapa gameberbahaya untuk anak dan tidak ramah. Semoga dapat menginspirasi para orang tua untuk lebih ketat lagi mengawasi game yang dimainkan anak.