NEWS UPDATE

Hindari 3 Sifat Guru yang Tidak Disukai Murid

Sifat-Guru-yang-Tidak-Disukai-Murid

Jika Anda berprofesi sebagai seorang tenaga pengajar, pelajari beberapa sifat guru yang tidak disukai murid supaya Anda bisa lebih dekat dengan murid Anda.

Sifat guru yang tidak disukai murid bisa menimbulkan konflik dan ketidaklancaran dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Untuk itu, sebagai seorang guru Anda harus bisa menghindari sifat-sifat yang tidak disukai murid tersebut supaya Anda bisa mengenali semua murid Anda dengan baik dan Anda pun akan dihormati dan disayangi oleh murid-murid Anda. Selain itu, Anda bisa lebih dekat dengan mereka.

5 Keuntungan Guru Jika Dekat Dengan Para Murid

Apa saja sebetulnya keuntungan yang akan didapatkan oleh para guru jika mereka dekat dengan murid-muridnya? Berikut ini 5 keuntungan bagi guru jika dekat dengan murid-muridnya:

  • Disayang oleh para murid

Guru merupakan orang tua kedua bagi anak sekolah. Jika Anda dekat dengan mereka, otomatis mereka akan lebih menyayangi Anda dan menghormati serta memperlakukan Anda dengan baik.

  • Lebih didengarkan

Jika Anda dekat dengan murid-murid Anda dan memahami mereka, mereka akan lebih mendengarkan Anda. Mempunyai murid yang selalu mendengarkan perkataan Anda tentu akan membuat pekerjaan mengajar Anda menjadi jauh lebih mudah dan tidak perlu marah-marah.

  • Menjadi guru favorit

Menjadi guru favorit tentu sangat menyenangkan karena setiap Anda datang ke kelas untuk mengajar, sudah pasti Anda akan disambut oleh murid-murid Anda dengan penuh semangat. Anda akan menjadi guru yang ditunggu-tunggu kedatangannya karena Anda merupakan guru favorit mereka.

  • Kegiatan belajar mengajar jadi lebih asyik

Banyak guru jenuh mengajar di kelas karena tidak terlalu dekat dengan murid-muridnya. Dengan hubungan yang dekat antara guru dan para murid, tentu kegiatan belajar mengajar akan lebih mengasyikkan karena komunikasi yang lancar juga.

  • Bisa mengatasi murid yang bandel

Tidak bisa dipungkiri jika di dalam satu kelas akan selalu ada murid yang bandel. Namun, apabila Anda sebagai seorang guru dekat dengan semua anak didik Anda, maka murid sebandel apapun pasti bisa Anda atasi.

3 Sifat Guru yang Tidak Disukai Murid

Sebetulnya ada banyak sekali sifat-sifat guru tidak disukai siswa. Namun akan kita kupas 3 sifat yang paling tidak disukai murid. Jika Anda bisa menghindari 3 sifat ini, maka dipastikan Anda akan disayangi oleh murid-murid Anda.

3 sifat guru yang tidak disukai murid tersebut adalah:

  • Keras

Guru keras atau galak dalam mengajar tentu akan membuat murid-muridnya takut. Apalagi jika guru tersebut mengajar pelajaran yang sulit seperti contohnya Matematika. Jangankan pelajaran yang sulit, pelajaran semudah apapun akan sulit masuk ke otak murid apabila pembawaan dari sang guru keras karena murid akan lebih dulu takut.

Hindari sifat keras, karena hanya akan membuat murid Anda tidak fokus kepada pelajaran yang Anda ajarkan. Anda boleh saja tegas kepada murid-murid Anda, tapi bukan keras atau galak. Buat murid Anda senyaman mungkin supaya materi pelajaran lebih mudah masuk ke otaknya.

  • Pilih Kasih

Guru yang pilih kasih akan membuat muridnya malas berinteraksi dengannya. Anda sebagai tenaga pendidik harus bisa adil terhadap semua murid Anda dan memperlakukan mereka sama. Biasanya, guru akan pilih kasih kepada murid-murid yang pandai atau bahkan good looking saja.

Tentu hal ini tidak dibenarkan. Jika Anda pilih kasih hanya kepada beberapa murid saja, murid lainnya akan menjadi tidak nyaman dan merasa tidak diperhatikan.

  • Kaku

Jangan jadi guru yang kaku, karena murid-murid pun perlu rileks supaya otak mereka lebih mudah menerima dan mencerna pelajaran. Jadilah guru yang sesekali melontarkan cerita-cerita lucu untuk menghindari ketegangan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kesimpulan

3 sifat guru yang tidak disukai murid diatas bisa Anda jadikan pelajaran supaya kedepannya Anda lebih bisa memperbaiki diri Anda dan juga kualitas cara mengajar Anda. Menjadi guru yang memiliki sifat menyenangkan tentu saja sebuah keharusan karena timbal balik yang akan Anda dapat juga pasti menguntungkan bagi Anda.