NEWS UPDATE

4 Kitab yang Wajib Diimani Umat Manusia

4-Kitab-yang-Wajib-Diimani

Terdapat 4 kitab yang wajib diimani oleh setiap umat Muslim, simak selengkapnya di bawah ini!

Dalam Islam, sudah ada 4 kitab yang wajib diimani setiap manusia. Empat kitab ini termasuk bagian dari rukun iman Allah yang ketiga.

Keempat dari kitab suci tersebut diantaranya Zabur, Injil, Taurat, serta Al-Qur’an. Setiap kitab ini tentunya sudah mempunyai fungsi yang berbeda. Namun, semuanya berperan cukup penting dalam menyampaikan petunjuk Allah terhadap manusia melalui para rasul.

4 Kitab yang Wajib Diimani

Pada dasarnya, kita sebagai manusia harus tahu kitab yang Allah turunkan kepada nabinya. Berikut ini penjelasan lengkap terkait 4 kitab yang wajib diimani manusia, antara lain:

  1. Taurat

Ini memang cukup terkenal sebagai salah satu kitab yang Allah turunkan terhadap Musa a.s. Taurat sendiri berlaku pada masa Bani Israil dan kaum Yahudi untuk pedoman hidup mereka.

Adapun isi dari kitab ini cukup lengkap, karena berkaitan dengan aturan hidup. Manusia. Bahkan, juga berisi perintah serta larangan dari Allah untuk manusia.

Taurat lebih sering disebut kitab suci yang nantinya dapat memberikan banyak sekali petunjuk. Bahkan, juga menjadi cahaya untuk seluruh manusia di Dunia. Kitab satu ini akan mengajarkan banyak sekali nilai etika serta moral yang berlaku secara universal sampai saat ini. Misalnya saja seperti larangan mencuri, berzina, serta membunuh.

  1. Zabur

Ini masih menjadi bagian penting dari 4 kitab yang wajib diimani oleh umat Manusia. Zabur sendiri menjadi kitab Allah sampaikan langsung ke Nabi Daud a.s.

Adapun isi dari Zabur ini cukup menarik, karena berupa nyanyian bentuk pujian untuk Allah SWT. Selain itu, berkaitan dengan peringatan serta doa untuk manusia.

Zabur ini sendiri tidak mempunyai banyak aturan hukum seperti Taurat. Namun, lebih fokus terhadap pujian terhadap kebesaran Allah.

Bahkan, Zabur ini seringkali isinya berupa hikmah serta kebijaksanaan. Zabur juga telah diyakini sebagai bagian dari wahyu yang turut menjadi ajaran agama terdahulu.

  1. Injil

Kitab satu ini Allah turunkan kepada Nabi Isa a.s. atau Yesus dalam tradisi Kristen. Kitab ini telah mengajarkan tentang kasih sayang, pengampunan, serta cinta terhadap sesama manusia.

Ajaran kitab ini sendiri lebih berfokus terhadap sikap penuh kasih. Selain itu, akan menjelaskan bagaimana manusia nantinya bisa kembali kepada jalan Allah melalui adanya keimanan serta perbuatan baik.

Meskipun Injil yang asli hanya Allah SWT turunkan kepada satu Nabi saja yaitu Isa. Namun, sebagian umat Islam turut mempercayai bahwa kitab ini telah mendapatkan banyak revisi yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Bahkan, ada penyimpangan dari teks aslinya terdahulu.

  1. Al-Qur’an

Kitab terakhir yang Allah SWT turunkan ini tentunya hanya untuk Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an sendiri juga menjadi salah satu kitab penyempurna untuk kita lainnya.

Isi dari kitab ini berupa ajaran untuk seluruh umat manusia dan cerita tentang akhir zaman. Selain itu, juga berisi pula tentang petunjuk hidup manusia. Bahkan, hukum dan kisah nabi yang pernah terjadi di zaman dahulu.

Kitab satu ini terus Allah jaga dan tidak mempunyai banyak perubahan. Bahkan, umat Islam menganggap bahwa kita ini termasuk pedoman hidup yang paling sempurna.

Kesimpulan

4 kitab yang wajib diimani ini tentunya mempunyai peran penting dalam sejarah peradaban manusia yang ada di dunia. Sebagai manusia, wajib sekali beriman kepada kitab tersebut. Sebab, merupakan bagian dari iman yang Allah turunkan ke para nabi.