NEWS UPDATE

4 Teknik Dasar Football Adalah Beserta Penjelasannya

Teknik-Dasar-Football-Adalah

Teknik dasar football adalah salah satu kunci utama untuk bisa menjadi pemain terbaik, simak selengkapnya disini!

Teknik dasar football adalah teknik banyak sekali akan digunakan oleh pemain sepak bola. Teknik dasar ini cukup penting sekali, sebisa mungkin harus bisa dikuasai oleh setiap pemain, baik itu pemula maupun berpengalaman.

Hanya dengan menguasai teknik ini, nantinya akan langsung meningkatkan keterampilan individu. Selain itu, juga akan membantu tim untuk bisa mencapai tujuan permainan.

Teknik Dasar Football Adalah

Teknik football ini terdiri atas berbagai macam teknik yang bisa dimanfaatkan pemain. Berikut ini penjelasan terkait teknik dasar football adalah sebagai berikut:

  1. Dribbling

Dribbling ini berguna sekali untuk pemain agar bisa membawa bola untuk bergerak di lapangan. Ini termasuk salah satu keterampilan pemain cukup penting.

Hal tersebut agar pemain bisa melewati lawan serta menciptakan peluang kemenangan. Dribbling nantinya akan melibatkan variasi arah, kecepatan, serta pemakaian kedua kaki. Gunanya tentu untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri serta kelincahan para pemain.

  1. Passing

Passing ini sebenarnya dapat digunakan untuk mengirimkan bola kepada tim. Operan yang baik cukup penting untuk bisa menjaga penguasaan bola. Terdapat beberapa jenis operan atau passing yang harus bisa dikuasai, antara lain:

  • Operan Pendek

    Kita bisa menggunakan kaki pada bagian dalam, tujuannya tentu untuk dapat mengirimkan bola jarak dekat. Di mana akurasinya cukup tinggi. Passing ini memang seringkali digunakan terutama pada saat berada dalam kondisi permainan yang lebih ketat.

    • Operan Panjang

    Nantinya, punggung kaki atau kaki bagian luar pemain akan mengirimkan bola dalam jarak lebih jauh. Operan tersebut tujuannya tentu untuk bisa langsung memecah pertahanan lawan.

    • Operan Satu Sentuhan

    Operan satu ini sebenarnya bisa langsung dilakukan, hanya dengan passing bola. Caranya cukup dengan satu sentuhan saja.

    Hal tersebut akan langsung membuat permainan menjadi tampak lebih efisien serta cepat. Penting sekali untuk bisa melatih kemampuan ini agar dapat merespons situasi dengan lebih cepat.

    Latihan mengoper tersebut tentu bisa dilakukan hanya dengan kelompok kecil atau berpasangan. Namun, harus lebih fokus terhadap akurasi serta kecepatan pengoperan.

    1. Menembak (Shooting)

    Shooting ini termasuk salah satu teknik yang dapat digunakan untuk bisa mencetak banyak gol. Kemampuan menembak yang baik sebenarnya sangat penting bagi setiap pemain. Hal tersebut terutama ketika menyerang lawan.

    1. Menghadang Bola (Tackling)

    Tackling ini juga termasuk salah satu teknik football yang akan digunakan untuk bisa merebut bola dari lawan. Kemampuan menghadang yang baik, tentu sangat penting untuk bisa menghentikan serangan lawan.

    Selain itu, juga nantinya bisa langsung mempertahankan penguasaan bola dengan cepat. Terdapat beberapa teknik dasar football adalah tackling ini:

    • Tackle Berdiri

    Tackling ini nantinya juga akan melibatkan penggunaan tubuh. Terutama, dalam hal merebut bola tanpa harus menjatuhkan diri. Diperlukan juga timing yang tepat untuk bisa melakukannya dengan lebih efektif.

    • Tackle Menjatuhkan

    Berikutnya, ini merupakan langkah tepat bagi pemain untuk bisa menjatuhkan badan ke tanah. Tujuannya tentu untuk menghadang bola dari lawan. Hal tersebut seringkali digunakan dalam kondisi yang darurat. Terutama, pada saat lawan sudah dekat dengan gawang.

    Latihan menghadang bola ini juga nantinya banyak melibatkan situasional, pengembangan keberanian serta ketepatan waktu.

    Kesimpulan

    Penguasaan teknik dasar football adalah salah satu kunci utama untuk bisa menjadi pemain terbaik. Latihan yang konsisten serta fokus terhadap pengembangan keterampilan, tentu juga dapat meningkatkan performa individu. Bahkan, dengan adanya kontribusi beberapa tim bisa menjadi faktor utama kemenangan football.